Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan fotografer dengan fotografi | Pengertian fotografer dan fotografi

Seringkali saya mendengar pertanyaan seperti ini “Apasih perbedaan fotografer dengan fotografi itu???”...
Banyak orang beranggapan dari dua kata tersebut artinya sama,padahal dari dua kata tersebut memiliki arti yang berbeda.
Nah,kali ini saya akan membahas apa perbedaan dan pengertian dari dua kata tersebut didalam dunia pemotretan.Dari dua kata tersebut sangatlah tidak asing bagi kita,bahkan orang-orang yang tidak mengetahui apa makna dari kata tersebut pun pernah mendengar kata-kata tersebut.


A.Pengertian Fotografer.
    Didalam dunia pemotretan kata fotografer sangatlah tidak asing lagi bagi kita.
Fotografer adalah seseorang yang melakukan pengambilan suatu gambar/aktifitas dari fotografi.Namun dari segi kegiatan nya fotografer dibagi menjadi dua yaitu,fotografer profesional dan fotografer hobi.
Fotografer profesional adalah orang yang bekerja dengan konsentrasi tinggi dan dengan alat yang lengkap yang cenderung menjelajahi sesuatu secara mendalam dan dapat menghasilkan suatu gambar yang bagus/keren.Sehingga gambar hasil dari fotografer profesional mempunyai nilai harga jual yang sangat tinggi karena tidak melihat dari segi angle(sudut pandang) melainkan dari seni yang dihasilkan mulai dari lightning dan sebagainya.
Sedangkan pengertian fotografer hobi adalah sesuai dengan namanya yaitu “hobi” yang mana seseorang menyukai dunia fotografi namun tidak terlalu memperhatikan dari segi keseniannya,pada umumnya orang tersebut hanya terfokus pada hasil yang menarik saja.Fotografer hobi dapat dilakukan oleh siapa saja.

B.Pengertian Fotografi.
    Menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) fotografi diartikan sebagai suatu karya seni dan menghasilkan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan.Kata fotografi diambil dari bahasa inggris yaitu “photography” yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “photos” yang artinya cahaya dan “grafos” yang artinya melukis.
Sehingga fotografi merupakan proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya.Secara umum, pengertian fotografi dapat diartikan sebagai proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.


*Kesimpulannya adalah fotografi merupakan sebuah aktifitas pengambilan gambar,sedangkan fotografer adalah orang yang melakukan aktifitas fotografi tersebut.

Post a Comment for "Perbedaan fotografer dengan fotografi | Pengertian fotografer dan fotografi"